Panduan SEO terlengkap - Bisnis Banking

Wednesday, April 11, 2018

Panduan SEO terlengkap

Apa itu OPTIMASI SEO ? SEO ( Search Engines Optimation atau Optimasi Search Engine ), Disini saya akan memberikan panduan lengkap SEO ke-level yang lebih tinggi. SEO tidak akan bisa kita lepaskan dalam membangun suatu blog, karena google akan menganalisis suatu web berdasarkan unsur SEO pada web tersebut.


Tutorial Lengkap SEO Terbaru 2018 - Ada Beberapa Poin yang kau harus ketahui agar Artikel Blog Tampil dihalaman Pertama Pencarian.  Coba perhatikan poin dibawah ini :
Domain Memakai simbol tanda Penghubung (-) (PRIORITAS RENDAH)
Bila Anda menempatkan keyword dalam domain dan URL, Anda harus mempertimbangkan memisahkannya dengan tanda hubung (-) daripada menumbuk semua secara bersama-sama atau menggunakan garis bawah ( _ ). Jika anda salah menempatkan kedua tanda tersebut, maka Search engine spider tidak bisa meng-index di mana kata akan dimulai dan berakhir, karena kebanyakan komputer mengenali tanda hubung sebagai akhir kata, tapi melihat underscores sebagai bagian dari kata.

Baca : URL yang Baik untuk SEO

Gunakan Vertical Bar ( | ) untuk keyword (PRIORITAS TINGGI)
Link Rusak Pada Situs (HINDARI)
Broken link membuat situs Anda akan terlihat buruk dan google menganggap bahwa Anda tidak mengelola situs dengan baik. Search engine hanya ingin memiliki situs dengan hasil kualitas tertinggi, jika ini anda biarkan berlarut-larut dan semakin menumpuk, google akan menghukum situs yang memiliki banyak link rusak. Gunakan link checker secara berkala untuk memastikan bahwa link Anda masih berlaku.

Penggunaan Meta Refresh Tag (HINDARI)
Meta refresh tag merupakan pengalihan situs, hal ini memang baik tetapi ini bisa menjadi ide yang buruk. Banyak spammer menggunakan cara ini untuk mencoba dan menipu search engine dengan berpikir bahwa halaman adalah tentang satu hal dan kemudian menyegarkan untuk sesuatu yang sama sekali berbeda. Meta refresh juga tidak memberikan informasi kepada search engine tentang mengapa redirect ini terjadi. Ini jauh lebih baik untuk membuat sebuah HTTP 301 redirect permanen ketika Anda perlu untuk mengarahkan pelanggan Anda ke URL baru.

Domain dengan Frase Keywords (PRIORITAS TINGGI)
Domain adalah URL dan keyword adalah NAMA BLOG ANDA, Menempatkan frase keyword Anda dalam nama domain adalah cara yang bagus untuk mengoptimalkan frase tersebut, tetapi jangan terlalu banyak pengulangan, cukup pada awal, isi konten dan akhir jika diperlukan (Standart SEO)

Link Domain EDU, GOV, ORG (PRIORITAS TINGGI)
Coba usahakan untuk mendapatkan link dari situs ini, ini merupakan Situs yang menyala. Situs edu,gov dan Org adalah top-level domain yang memiliki sejumlah besar kredibilitas karena untuk mendapatkan link ke situs ini sangat sulit.

Pilih Frase Yang Tidak Terlalu Populer (PRIORITAS TINGGI)
Ketika mencoba untuk memutuskan suatu frase keyword, Anda ingin menemukan satu yang populer tetapi jangan terlalu populer. Hal ini mungkin tampak kontra-intuitif, tetapi kenyataannya adalah bahwa keyword yang sangat populer adalah sangat diinginkan dan sangat kompetitif. Lebih baik untuk mencoba frase yang menarik, karena dengan pilihan frase ini Anda akan mendapatkan lebih banyak tampilan halaman dari keyword yang kurang populer ketika Anda berada di halaman pertama atau kedua dari search engine, daripada memilih keyword super populer itu hanya membuat halaman anda pada posisi 50 dari search engine. 

Tulis meta description (PRIORITAS MENENGAH)
Search engine menggunakan deskripsi meta tag sebagai deskripsi dalam indeks Google. Jadi, penting untuk menggambarkan halaman Anda secara akurat, Hal ini akan membantu pelanggan menemukan halaman Anda secara rinci dan memudahkan search engine untuk meng-indeks halaman anda.

Gambar Tak Terlihat (HINDARI)
gambar tak terlihat adalah gambar yang berukuran 1×1 pixel, tidak terlihat dengan mata telanjang pada halaman Web, biasanya gambar ini banyak pada widget, demi mendongkrak traffik mengarahkan link kebeberapa prioritas dalam peringkat halaman Web dalam bentuk “Klik OUT”, Jangan menggunakan cara ini, dampaknya sangat serius dan besar pada web anda – Situs Anda Akan Banned, cara ini mirip dengan menyembunyikan teks atau menampilkan konten yang berbeda ke search engine daripada pelanggan Anda. Dan jangan menganggap bahwa search engine tidak dapat membaca CSS atau HTML tag yang mengubah ukuran gambar berukuran penuh. Jika Anda melakukan hal ini dengan maksud untuk mengoptimalkan halaman Anda, situs Anda akan diblokir.

Teks Tak Terlihat (HINDARI)
Menyembunyikan teks dengan membuat warna yang sama dengan warna latar belakang dapat menipu pelanggan Anda, tapi tidak akan menipu search engine.

Variasi lain dari ini adalah di mana Anda membuat ukuran font begitu kecil bahwa itu tidak terbaca oleh mata telanjang, Search engine memahami CSS dan font begitupun warna latar belakang. Teks yang tersembunyi dari pembaca Anda, tetapi terlihat oleh search engine akan dianggap spam dan situs anda akan langsung masuk daftar hitam database Google sebagai situs terlarang.

Format Frase Keyword (PRIORITAS MENENGAH)
Gunakan dan , silahkan pilih mana yang tepat untuk membuat frase keyword Anda menonjol. Search engine dapat membaca tag tersebut, hal ini merupakan isyarat bahwa teks tersebut sangat penting daripada teks yang berada disekitarnya.

sehingga cara anda untuk mengarahkan pembaca ke link URL baru tidak dianggap spam.

Dan semua tips diatas bisa Anda praktekan dan semoga membantu untuk Optimasi dasar SEO untuk situs Anda.

Apa Manfaat dan Keuntungan SEO Bagi Sebuah Bisnis?


Semua bisnis pasti harus punya profit, right? Berbagai cara dilakukan pengusaha untuk meningkatkan keuntungan perusahaan mereka, baik dengan melakukan pemasaran offline maupun melalui internet marketing. Berikut ini adalah beberapa manfaat SEO dalam pemasaran online sebuah bisnis:


Baca : Cara Meningkatkan Pengunjung

1. Mendatangkan Trafik Potensial ke Website Bisnis

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa halaman website yang teroptimasi dengan baik dari sisi SEO akan mendapatkan peringkat yang baik juga di mesin pencari, misalnya Google. Semakin baik posisi halaman website Anda di Google maka peluang untuk mendapatkan pengunjung (trafik) potensial akan semakin besar. Pengunjung potensial inilah yang nantinya akan menjadi calon customer bisnis Anda.

Mengapa saya menyebutkan trafik dari Google adalah trafik potensial? Tidak semua sumber trafik memberikan benefit bagi bisnis Anda, apalagi bila trafik tersebut berasal dari website-website auto surf yang memberikan visitor bot ke website Anda. Trafik seperti ini sama sekali tidak ada gunanya bagi perkembangan bisnis Anda, trust me!

Para pengguna Google biasanya mengetikkan kata kunci unik ketika mereka mencari produk yang mereka butuhkan, atau mencari informasi bermanfaat untuk memberikan solusi pada masalah mereka. Nah ketika mereka menemukan website bisnis Anda melalui Google yang notabene selalu menampilkan hasil pencarian berdasarkan kata kunci, maka kemungkinan besar mereka akan menjadi customer karena mereka menggunakan kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda. Trafik potensial ini akan datang terus menerus ke website Anda secara gratis dan akan membantu meningkatkan jumlah customer dan penjualan bisnis Anda.
 

2. Meningkatkan Brand Awareness Bisnis Anda

Brand Awareness adalah kemampuan calon pembeli atau konsumen untuk mengenali maupun mengingat sebuah merek. Semakin terkenal sebuah merek pada niche tertentu maka kemungkinan intensitas penjualan juga akan semakin besar. Sebenarnya ada banyak cara untuk meningkatkan Brand Awareness sebuah bisnis. Salah satunya adalah dengan optimasi website di mesin pencari (SEO).
 

3. Mendapatkan Data Customer Anda dengan

Banyak pengusaha online yang bersedia mengeluarkan banyak uang untuk memasang iklan di berbagai media periklanan dengan tujuan untuk mendapatkan data kontak (email, nomor ponsel, alamat, dan lainnya) calon customer ataupun pelanggan setia bisnis mereka. Apa manfaat data kontak ini? Dengan mengetahui data calon customer maka akan lebih mudah untuk menghubungi mereka ketika kita mengeluarkan produk baru atau ingin memberikan penawaran promosi khusus untuk menjual produk lama. Intinya, kita tetap bisa terhubung dengan customer setiap saat.

Bila website Anda berada pada posisi teratas di mesin pencari maka akan lebih mudah untuk mendapatkan data customer tersebut, dan tentu saja gratis. Tentunya kita membutuhkan layanan lain untuk menyimpan data base customer tersebut, misalnya layanan autoresponder untuk membangun email list customer kita. Sebenarnya masih ada banyak lagi manfaat SEO bagi bisnis Anda, dan menurut saya 3 poin di atas adalah yang paling penting. Masing-masing orang akan merasakan manfaat SEO bagi bisnis mereka ketika sudah mengalaminya sendiri, yang pasti bisnis Anda akan lebih stabil jika website Anda teroptimasi dengan baik di mesin pencari.

Apa Saja yang Dilakukan Dalam Kegiatan SEO? Di dalam strategi SEO, ada dua hal PENTING yang harus dikerjakan oleh seorang internet marketer, yaitu: SEO On Page dan SEO Off Page. Mari Kita Bahas Teman :

1. Apa Itu SEO On Page

SEO On Page adalah sebuah upaya optimasi website yang dilakukan dari sisi website itu sendiri. Dengan kata lain, upaya optimasi yang dilakukan oleh seorang pemilik website/ webmaster dengan mendesain website yang SEO Friendly. Beberapa elemen penting yang terdapat dalam SEO On Page antara lain:
  • Riset keywords
  • Membangun website dengan struktur yang baik, tampilannya menarik, dan load-nya cepat
  • Menggunakan Title Tag yang baik untuk homepage dan judul konten
  • Menambahkan description yang relevan dengan website
  • Membangun konten yang bermanfaat bagi audiens
  • Mengatur URL (permalinks) yang SEO Friendly
  • Menggunakan Heading dengan baik (H1, H2, H3, H4)
  • Mengatur navigasi website sebaik mungkin
  • Membangun internal links
  • Menambahkan keywords pada penamaan gambar/ image
  • Dan lain-lain

2. Apa Itu SEO Off Page
SEO Off Page adalah upaya optimasi website yang dilakukan dari luar website yang dibangun. Sebuah halaman website yang SEO On Page nya sudah bagus perlu didukung dengan optimasi dari luar website itu sendiri. Optimasi off page dilakukan dengan cara membangun links (backlinks) dari situs lain menuju website yang dioptimasi. 

Baca : Backlink Berkualitas

Beberapa jenis links yang biasa dibangun untuk meningkatkan popularitas sebuah website di internet antara lain:
  • Links dari media sosial (Twitter, Facebook, Google+, Youtube, dan lain-lain)
  • Links dari web 2.0 properties (Blogspot, WordPress, Weebly, dan lain-lain)
  • Links dari forum online (Kaskus, Bersosial, Forum Detik, Forum Kompas, dan lain-lain)
  • Links dari situs social bookmark (Lintas.me, Diigo.com, Folkd.com, dan lain-lain)
  • Links dari kegiatan blogwalking (berkomentar di blog orang lain)
  • Links dari website yang menerima guest blogger
  • Dan lain-lain

Nah di atas tadi adalah penjelasan singkat apa itu SEO, bagaimana penerapannya, dan apa manfaatnya bagi website bisnis Anda. Salam.

No comments:

Post a Comment